Cara Mengatasi Internet Lambat di Windows 10

Cara Mengatasi Internet Lambat di Windows 10 – Akses internet yang cepat merupakan satu kebutuhan yang harus bisa dipenuhi saat ini. Banyak pengguna yang memerlukannya, terutama bagi para pekerja jarak jauh yang sangat memerlukan kecepatan internet stabil. Namun terkadang kecepatan internet bukan hanya soal limit dan banyaknya user di satu jaringan yang sama, tapi bisa jadi karena ada pengaturan khusus di sistem operasi pada laptop, sehingga membuka halaman di browser terasa lambat dan menguji kesabaran.

Kebanyakan pengguna internet saat ini sudah beralih menggunakan Windows 10 sebagai OS utama di komputer atau laptop mereka. Sistem operasi paling baru dari Microsoft itu memang memiliki banyak fitur menarik dan tampilan yang segar. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa dijalankan dengan lancar. Namun sayangnya, ada satu fitur tersembunyi di dalam sistem yang jarang diketahui pengguna. Salah satunya dapat menyebabnya lambatnya internet saat digunakan.

Windows 10 Bikin Internet Lambat?

Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Ada fitur-fitur khusus di Windows 10 yang dimaksudkan untuk memaksimalkan pekerjaan yang dilakukan menggunakan sistem operasi tersebut, termasuk untuk urusan browsing. Tapi tidak semua pengguna bisa mersakan hal tersebut dengan sangat baik. Pada pengguna tertentu misalnya, apa yang sudah dimaksimalkan tidak bisa dinikmati sebagaimana mestinya. Bukan karena Windows mereka bermasalah, tapi bisa juga disebabkan oleh router yang belum mendukung teknologi yang ditawarkan oleh Windows 10 atau Windows 10 Anniversary Update.

Windows Auto Tung Level

Auto Tuning Level adalah sebuah mode di Windows yang sebenarnya sudah diperkenalkan oleh Microsoft sejak adanya Windows Vista, dan kali ini juga dibawa secara default pada Windows 10, utamanya Windows 10 Anniversary Update. Pada versi tersebut Windows Auto Tuning Level diatur ke mode normal. Untuk mengetahuinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan menggunakan command prompt.

Fitur tersebut dikembangkan dengan tujuan mengoptimalkan kinerja sejumlah program yang bekerja setiap kali proses transfer file terjadi. Fitur tersembunyi ini juga dirancang untuk menangani program yang memperoleh data TCP melalui jaringan. Tapi, disadari atau tidak, saat kecepatan internet di Windows 10 terbaru terasa lambat, fitur tesebut disebut-sebut sebagai penyebabnya. Jika hal itu terjadi padamu, maka langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menonaktifkannya.

Cara Mengatasi Wi-Fi Lambat di Windows 10

Disable Auto Tuning Level

Untuk melakukan disable auto tuning level di Windows 10, kamu bisa mencoba melakukan cara berikut ini melalui command prompt. Caranya adalh sebagi berikut:

Pertama, ketik “CMD” (tanpa tanda petik) di menu pencarian, lalu klik kanan dan pilih “run as administrator”. Setelah command prompt terbuka, ketikkan perintah:

netsh interface tcp show global

Perintah tersebut adalah untuk mengetahui apakah fitur Windows Auto Tuning level di Windows yang kita gunakan dalam keadaan aktif atau tidak. Biasanya akan ditulis sebagai “normal”. Itu artinya fitur tesebut sudah aktif dan diatur ke mode normal. Jika kamu yakin ini adalah masalah yang menyebabkan internetmu terasa lambat, matikan fiturnya dengan mengikuti langkah berikut ini.

Masih pada command prompt yang sama, sekarang ketikkan perintah:

netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled

Perintah di atas adalah untuk men-disable Auto Tuning level. Akan ada pesan “Ok” yang menandakan fitur tersebut sudah tidak aktif lagi. Untuk memastikannya, silahkan restart komputermu dan coba dengan melakukan browsing seperti biasa.

Content Writer Pontianak

Penulis Konten Pontianak yang lebih banyak menulis tentang teknologi, gadget, dan news sejak 2013. Menjadi bagian dari tim 4 SEO di SEO Borneo Network, serta membantu membangun beberapa website dengan menghadirkan konten yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *