Tips Membeli Laptop Bekas dan Standar Pengecekannya

Memiliki laptop dengan kondisi baru pasti jadi keinginan banyak orang. Sebab memiliki kualitas yang terjamin serta masa penggunaan yang relatif lama. Akan tetapi, membeli laptop dengan kondisi seperti itu seringkali terbentur dengan masalah biaya. Banyak yang tidak sanggup membeli laptop baru dengan biaya yang terbilang mahal. Sehingga keberadaan penjual laptop seken mulai dilirik.

Tips Membeli Laptop Bekas dan Standar Pengecekannya

Penjualan laptop second yang kian menjamur, menjadi salah satu solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan laptop bagus, namun dengan harga yang sangat terjangkau. Meski untuk beberapa seri laptop terntentu harga yang ditawarkan juga tidak berbeda jauh dengan harga barunya.

Tips Membeli Laptop Bekas dan Standar Pengecekannya

Tulisan tentang tips membeli laptop seken ini juga akan melengkapi bahasan tentang rekomendasi tempat jual-beli laptop seken di Pontianak. Sebab dari beberapa pengalaman, banyak orang yang masih kebingungan ketika ingin memeriksa kondisi laptop bekas yang akan mereka beli.

Untuk itu artikel ini akan menjelaskannya berdasarkan pengalaman yang ada. Sehingga kamu yang berencana membeli laptop seken dengan harga sesuai budget, bisa mendapatkan laptop bekas dengan kondisi yang baik, dan siap untuk digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Membeli di Toko yang Terpercaya

Toko komputer resmi biasanya hanya menjual unit dengan kondisi baru. Cukup sulit untuk menemukan toko resmi yang juga menyediakan laptop seken. Namun kamu bisa menemukannya dengan mudah melalui media sosial. Kamu juga bisa melihat apakah toko tersebut terpercaya atau tidak.

Kamu bisa memastikannya dengan melihat respon dari orang-orang yang sudah pernah membeli di toko tersebut. Kamu juga bisa melihat apakah mereka memiliki stok barang yang update dengan kondisi bagus atau tidak. Untuk rekomendasi tempat jual-beli laptop seken di Pontianak, sudah dilakukan pengecekan dengan datang langsung ke tokonya.

Membeli laptop seken di toko yang terpercaya akan meberikan banyak keuntungan. Salah satunya memiliki banyak pilihan unit, jaminan garansi toko, dan kualitas laptop yang layak pakai. Biasanya laptop seken dapat bertahan digunakan 2 sampai 3 tahun dengan pemakaian normal.

Pilih Laptop dengan Spesifikasi yang Sesuai Kebutuhan

Terkadang, karena budget yang terbatas, kita terjebak dalam memilih laptop. Padahal jika dipersiapkan dengan lebih matang, akan sangat mungkin mendapatkan sebuah laptop dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, sebelum memutuskan ke toko komputer dan membeli laptop seken, ada baiknya untuk mempertimbangkan spesifikasi seperti apa yang kamu perlukan.

Untuk menentukannya kamu bisa menyesuaikan dengan pekerjaan aatau aktivitas yang paling sering dilakukan saat menggunakan laptop. Misalnya hanya sekedar untuk mengetik dan tugas kuliah atau untuk keperluan desain grafis dan editing video. Dengan begitu kita bisa merincikan dana yang seharusnya disiapkan.

Ketahui Lama Pemakaian Laptop

Biasanya toko komputer atau tempat penjualan laptop second akan memastikan kondisi barang yang mereka jual. Salah satunya soal berapa lama pengguna sebelumnya memakai laptop tersebut. Hal ini juga penting untuk kita ketahui. Mengingat kita juga akan memanfaatkan barang tersebut dalam waktu yang lama.

Beberapa orang menyarankan sebaiknya kita membeli laptop dengan kondisi pemakaian setahun. Sebab barang eletronik umumnya memiliki masa tertentu dalam hal performa. Sehingga ini penting untuk dipertimbangkan. Namun ada faktor lain yang tak kalah penting untuk diketahui juga.

Periksa Kondisi Fisik Laptop

Meski dalam kondisi seken, ada banyak laptop bekas yang ditawarkan dengan kondisi layaknya baru. Sebab sekali lagi, toko sangat memperhatikan kualitas barang yang mereka tawarkan. Tapi kita tetap saja harus memastikan kalau unit yang ingin dimiliki dalam kondisi fisik yang baik. Yakni tidak ada goresan, lecet, bahkan pecah atau patah.

Periksa Kondisi dan Fungsi Port

Hal kecil yang sepele, namun akan menyebabkan kekecewaan jika tidak dilakukan dengan segera. Terutama ketika masih berada di toko penjualnya. Seringkali ditemukan laptop dengan kondisi port yang mestinya sudah diganti dengan yang baru.

Kadang ada juga port-port yang tidak berfungsi dengan baik, seperti port USB, HDMI, dan VGA. Jadi, sebelum melakukan transaksi, pastikan semua dalam kondisi baik dan berfungsi secara normal.

Pastikan Keyboard Normal

Salah satunya masalah laptop seken biasa terletak pada keyboard. Sering ditemukan kondisi di mana belum lama digunakan, sudah harus keluar uang lagi untuk membeli keyboard baru. Biasanya memang ada toko yang langsung mengganti keyboard untuk memberikan kondisi yang prima pada produk mereka. Namun akan lebih baik jika kita tetap menguji fungsi setiap tombolnya secara manual.

Pastikan Touchpad Berfungsi

Jika kamu termasuk yang suka menggunakan laptop tanpa bantuan mouse, ini juga perlu dilakukan. Mengingat akan banyak sekali aktivitas yang memerlukan navigasi. Jadi touchpad laptop harus dipastikan dalam kondisi normal. Perhatikan juga apakah tombil klik kiri dan kanan berfungsi dengan baik.

Periksa Kondisi Layar

Ini juga enting untuk dilakukan. Meski tidak semua layar laptop mengalami masalah yang serius, namun terkadang adanya goresan atau bagian layar yang tidak berfungsi dengan normal membuat kita merasa kecewa, dan itu juga berpengaruh terhadap performa.

Cek Ketahanan Baterai

Laptop yang sudah cukup lama digunakan umumnya akan mengalami penurunan daya tahan baterai. Ada cara yang lebih spesifik untuk mengetahui ini. Tapi untuk mempermudah, hal ini bisa ditanyakan kepada penjual atau mengandalkan indicator baterai. Normalnya laptop seken memiliki ketahanan baterai di atas satu hingga dua jam.

Cek Raung Penyimpanan (Hardisk)

Tidak semua pengguna menghapus file mereka ketika menjual laptopnya. Terutama yang dijual langsung tanpa perantara toko. Jadi jika kamu membeli laptop milik teman atau orang lain, selain memperhatikan besaran ruang penyimpanan file (hardisk) yang bisa digunakan, pastikan semua file lama yang tidak kamu perlukan sudah dihapus oleh pemilik sebelumnya.

Jika kamu membeli melalui toko, biasanya mereka sudah melakukan install ulang pada setiap laptop yang mereka terima. Sehingga file lama sudah terhapus dan kemungkinan terserang virus juga kecil. Kalau sudah begitu, kamu hanya perlu memastikan kondisi hardisk dalam keadaan baik.

Pastikan Wi-Fi Berfungsi

Walau sudah di install ulang dan siap digunakan, pada beberapa seri laptop tertentu biasanya ada beberapa driver yang masih belum lengkap. Salah satunya yang berhubungan dengan fungsi Wi-Fi. Pastikan laptop bisa tersambung ke internet dengan baik. Cobalah browsing untuk meyakinkan kalau itu benar-benar berfungsi.

Periksa Kelengkapan Aksesoris

Umumnya, baik saat membeli laptop baru atau seken, kita akan mendapatkan beberapa kelengkapan lainnya. Seperti mouse, mouse pad, charger dan pembersih layar. Khusus untuk laptop seken, sebaiknya perhatikan kondisi charger yang diberikan. Tanyakan apakah itu charger bawaan yang asli atau bukan.

Jika bukan, cobalah minta untuk dicarikan charger yang aslinya. Ini juga untuk menjaga keamanan dan keselamatan kamu sebagai pengguna. Sebab sering ditemukan laptop seken dengan charger pengganti yang kualitasnya tidak cukup baik, sehingga mudah rusak dan terbakar.

Kira-kira itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin membeli laptop bekas, namun tetap berkualitas. Jika pandai mencari, kamu akan menemukan laptop seken tapi masih terlihat seperti baru. Semoga beruntung.

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *